Senin, 14 April 2014

5 Hal yang harus diketahui tentang alat kontrasepsi IUD




5 Hal yang harus diketahui tentang alat kontrasepsi IUD
Ilustrasi IUD. Shutterstock/JPC-PROD IUD atau Intra Uterine Devices adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang cukup populer digunakan oleh para wanita. IUD biasa disebut dengan KB spiral. Alat kontrasepsi ini terbuat dari tembaga yang kemudian dimasukkan ke dalam liang vagina. IUD bekerja dengan cara mengganggu pergerakan sperma sehingga mencegah sperma untuk masuk ke dalam sel telur.

Lebih lanjut tembaga dalam IUD bertindak sebagai spermisidan dalam rahim. Hal ini meningkatkan kadar ion tembaga, prostaglandin, dan sel-sel darah putih di dalam rahim. Hormon IUD juga melepaskan progestin yang bermanfaat untuk mencegah pembuahan telur.

Selain hal tersebut, berikut adalah hal yang harus Anda ketahui tentang IUD seperti dilansir dari magforwomen.com.

IUD tidak menyebabkan infeksi panggul
Infeksi panggul dan rahim yang umumnya terjadi disebabkan karena model IUD sebelumnya yang tebal. Namun saat ini para peneliti telah mengembangkan model IUD yang lebih tipis dan aman untuk wanita.

IUD dapat digunakan oleh wanita dari segala usia
Wanita dari segala usia dapat memakai IUD bahkan bagi mereka yang sebelumnya belum pernah hamil. Tentu saja pemakaian ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

IUD tidak mampu mencegah penularan PMS
PMS atau penyakit menular seksual tidak dapat dicegah dengan alat kontrasepsi ini sebab IUD hanya efektif untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

IUD tidak mengganggu kesuburan Anda
IUD sama sekali tidak mempengaruhi tingkat kesuburan Anda. Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir dalam memakai alat kontrasepsi ini.

IUD menimbulkan efek samping
Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh IUD adalah rasa mual yang biasa, nyeri payudara, dan menstruasi yang tidak teratur selama 3-4 bulan pertama.

IUD adalah salah satu alat kontrasepsi yang banyak disarankan oleh para dokter kandungan. Oleh karena itu alat kontrasepsi ini cukup aman untuk Anda gunakan tentunya sesuai dengan petunjuk dokter.
[feb]
 
Sumber : Link

Tidak ada komentar:

Web Counter

data:label.url#sthash.GLqU6doX.dpuf