Senin, 14 April 2014

8 Tips kesehatan tentang kondom yang harus diketahui



8 Tips kesehatan tentang kondom yang harus diketahui
Ilustrasi kondom. Shutterstock/chingyunsong 

Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang cukup populer. Kemudahan cara memakainya membuat kondom menjadi pilihan banyak pasangan yang ingin menunda kehamilan. Selain itu kondom juga berguna untuk mencegah PMS atau Penyakit Menular Seksual.

Berikut adalah tips kesehatan berkaitan dengan kondom yang perlu Anda ketahui.

Pakailah ukuran yang tepat
Ukuran kondom yang tidak tepat dapat mengurangi kenikmatan dalam bercinta. Oleh karena itu belilah kondom dengan ukuran yang sesuai untuk Anda.

Pentingnya cairan lubrikan
Cairan lubrikan sangat penting untuk pemasangan kondom. Jika cairan tersebut cukup untuk melumasi, maka tidak akan menimbulkan rasa sakit saat pemakaian kondom. Namun Anda juga harus berhati-hati sebab beberapa pelumas dapat menyebabkan iritasi.

Bahan kondom
Sebelum memakai kondom, perhatikan lebih dahulu materi atau bahan pembuatnya. Beberapa bahan kondom dapat menyebabkan iritasi hingga alergi.

Perhatikan cara membukanya
Berhati-hatilah dalam membuka kemasan kondom. Sebab apabila Anda tidak berhati-hati, Anda dapat merobeknya.

Gunakan kondom hanya sekali pakai
Jangan menggunakan kondom bekas. Hal ini sangat berdampak buruk pada hal higienitasnya.

Simpanlah kondom di tempat yang benar
Kondom harus disimpan di tempat yang kering dan bersuhu normal. Sebab suhu panas dan lembab, dapat merusak tekstur dan membuatnya menjadi mudah robek.

Berhati-hati dengan rasa kondom
Anda harus berhati-hati dengan kondom yang mempunyai rasa. Sebab perasa itu mengandung gula yang dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin.

Selalu periksa tanggal kedaluwarsa
Tanggal kedaluwarsa sangat penting untuk Anda perhatikan. Jangan sampai kondom yang telah kedaluwarsa merusak hubungan percintaan Anda.

Kondom dapat mencegah Anda dari kehamilan yang tidak diinginkan hingga penyakit menular seksual. Namun jangan lupa untuk selalu memeriksa keadaan kondom yang akan Anda pakai.
[feb]
 
Sumber : Link

Tidak ada komentar:

Web Counter

data:label.url#sthash.GLqU6doX.dpuf