Kamis, 27 Februari 2014

Robot Penjelajah Cina Jadi Sampah di Bulan

 Robot Penjelajah Cina Jadi Sampah di Bulan
www.news.cn
 Wajah Chang e 3 (kiri) dan Yutu (kanan) di permukaan Bulan.



BEIJING - Robot penjelajah bulan milik Cina, Jade Rabbit atau Yutu dalam bahasa Cina, yang bermasalah, telah mati dan menjadi sampah di permukaan bulan.
Hal itu, terungkap menurut lapor media pemerintah, Rabu (12/2/2014).
"Kematian" robot tersebut, merupakan kemunduran besar bagi program ruang angkasa ambisius negara itu, hanya beberapa minggu setelah soft landing penjelajah tersebut yang banyak dirayakan di Cina.
Robot penjelajah bulan pertama Cina itu, "tidak dapat diperbaiki ke fungsi penuh pada hari Senin sebagaimana yang diharapkan", kata Cina News Service, yang dikelola negara dalam sebuah laporan singkatnya.
Jade Rabbit atau Yutu, dioperasikan di permukaan bulan pada 15 Desember lalu seusai soft landing pertama di bulan setelah hampir empat dekade.
Robot tersebut, dipandang sebagai simbol peningkatan peran global Cina dan kemajuan teknologi.
Cina, merupakan negara ketiga yang menyelesaikan misi penjelajahan bulan setelah Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet.
Terkait kerusakan Jade Rabbit, ucapan kesedihan pun tercurah di Weibo, sebuah layanan semacam Twitter yang sangat populer di Cina, kata Cina News Service dalam laporannya.
Media Pemerintah Cina telah memuji misi itu sebagai keberhasilan teknologi dan simbol kebanggaan nasional.
Jade Rabbit, telah mengirim sejumlah foto dari bulan beberapa jam setelah penjelajah itu ditempatkan di sana. Sementara para pejabat memuji soft landing itu sebagai lompatan raksasa bagi "umat manusia secara keseluruhan".
                                     SUMBER>LINK<

Tidak ada komentar:

Web Counter

data:label.url#sthash.GLqU6doX.dpuf